Strategi Iklan
Berhasil atau tidaknya suatu iklan sampai kepada masyarakat luas tentunya tidak semudah membalik telapak tangan namun perlu rancangan dan strategi yang mumpuni untuk mendapatkan hasil yang terbaik . disinilah bisa kita lihat bagaimana kinerja seorang advertising dalam beriklan karena merancang strategi iklan bukanlah hal yang mudah , dalam membuat iklan ada beberapa strategi dasar yaitu:
a.STP
dalam merancang sebuah iklan tentulah stategi dasar ini di perlukan dimana STP sendiri pengertianya adalah Segmentation, Targeting, Positioning. segmentation pada dasarnya adalah membagi pasar keseluruhan produk dan jasa kedalam beberapa kelompok menurut lokasi, gaya hidup, perilaku maupun psikografi dari khalayak . sedangkan pengertian dasar dari targeting adalah menentukan target potensial, khalayak mana yang akan memberikan respon terhadap pesan iklan yang akan kita berikan nantinya, secara tidak langsung bisa dikatakan targeting ini adalah target tembak .dan untuk positioning sendiri pengertianya adalah menempatkan merek perusahaan di dalam benak pelanggan, yaitu misalnya tentang apa sebenarnya produk anda, dan apa perbedaan produk dengan produk sejenisnya . sehingga konsumen bisa membedakan produk yang di tawarkan dengan produk sejenis.
Selain stp ada juga strategi yang bisa anda gunakan guna menyukseskan kampanye iklan yang ingin di lakukkan yaitu SWOT.
b.SWOT
SWOT atau juga disebut SWOT Analisis merupakan pengukuran seberapa kuatnya produk kita bisa bersaing di pasaran untuk meraih market share yang ada, SWOT analisis memiliki pengertian Strength , Weakness , Oppurtunity , Thteat . strength adalah bagaimana kita mengukur kekuatan sebuah produk atau jasa yang kita miliki mulai dari bagaimana bentuk sampai fungsi sampai hal lain yang paling sangat kita unggulkan dalam produk guna mengalahkan pesaing sejenis, adanya kekuatas pastilah tidak lepas dari kelemahan tentulah produk kita memiliki kelemahan inilah yang disebut weakness, weakness sendiri adalah merupakan pengukuran kita terhadap produk atau jasa yang kita punya tentang apa saja kelemahan yang produk yang kita miliki sehingga kita tahu apa saja yang perlu di perbaiki nantinya. Opportunity adalah pengukuran kita terhadap peluang pasar yang bisa kita raih dengan meninjau kekuatan produk yang kita miliki sehingga kita bisa meraih market share untuk prosuk sejenis yang menjadi pesaing. Threat adalah pengukuran kita terhadap seberapa besar ancaman yang ada pada pasar sehingga kita bisa mengira ngira apa saja yang perlu kita lakukkan untuk mengatasi ancaman tersebut.
Adalagi banyak
cara yang bisa kita lakukkan untuk mencapai kesuksesan sebuah iklan dan mungkin
akan saya bahas pada artikel artikel saya berikutnya.
No comments:
Post a Comment