Pages

Translate

Tuesday, April 16, 2013

Definisi Brand

Brand

Dalam dunia usaha kini  beragam produk yang ada di pasaran tentunya akan membuat konsumen sulit untuk membedakan antar produk satu dengan lainnya, bila produk tidak memakai nama atau brand. maka itu brand bisa di artikan sebagai nama, symbol,logo  atau merek dagang yang terdapat pada sebuah produk yang dimana maksudnya adalah untuk membedakan antara satu produk dengan produk lainnya, karena persaingan yang ketat antar produk sejenis maka penanaman brand  juga di perlukan agar brand kita dapat di kenal di masyarakat dan tentunya di pilih oleh konsumen.
Merek atau brand juga bisa di bagi dalam pengertian lainnya :


1.       Brand Name ( Nama Merek )
Nama merek adalah merupakan bagian dari merek yang dapat di ucapkan misalnya , dalam kategogi mobil , kita mengenal BMW, Mercedes Benz , Toyota, dll. Inilah yang disebut dengan brand name.

2.       Brand Mark ( Tanda Merek )
Tanda merek adalah sebagian dari merek yang berupa sebuah tanda ataupun symbol nyang dikenalimnamun tidak dapt di ucapkan , sepeti misalnya saja dalam Kategori  sepeda motor, untuk sepeda motor Yamaha kita bisa lihat gambar bulatan dengan 3 garis di dalamnya, dan untuk Honda sebuah kotak dengan huruf H di dalamnya, untuk ketegori pesawat , kita ambil garuda Indonesia airways tentunya kita bisa mengenali pesawat garuda bila kita meihat gambar burung garuda berwarna biru, inilah yang dimaksud dengan tanda merek

3.       Trade Mark ( Tanda merek dagang )
Merupakan sebagian dari merek yang di lindungi oleh badan hukum karena kemampuannya untuk menghasilkan sesuatu yang istimewa, tanda dagang ini melindungi penjual karena bila merek ataupun brand nantinya ditiru penjual bisa melakukkan gugatan hukum.


4.       Copyright ( Hak Cipta  )
Merupakan hak istimewa yang dilindungi oleh undang – undang untuk memproduksi , menerbitkan, ataupun menggandakan , karya tulism karya music , ataupun karya seni.

Thursday, April 11, 2013

Strategi merupakan unsur penting untuk suksesnya sebuah iklan



Strategi Iklan

Berhasil atau tidaknya suatu iklan sampai kepada masyarakat luas tentunya tidak semudah membalik telapak tangan namun perlu rancangan dan strategi yang mumpuni untuk mendapatkan hasil yang terbaik . disinilah bisa kita lihat bagaimana kinerja seorang advertising dalam beriklan karena merancang strategi iklan bukanlah hal yang mudah , dalam membuat iklan ada beberapa strategi dasar yaitu:

a.STP

dalam merancang sebuah iklan tentulah stategi dasar ini di perlukan dimana STP sendiri pengertianya adalah Segmentation, Targeting, Positioning.  segmentation pada dasarnya adalah membagi pasar keseluruhan produk dan jasa kedalam beberapa kelompok menurut lokasi, gaya hidup, perilaku maupun psikografi dari khalayak . sedangkan pengertian dasar dari targeting adalah menentukan target potensial, khalayak mana yang akan memberikan respon terhadap pesan iklan yang akan kita berikan nantinya, secara tidak langsung bisa dikatakan targeting ini adalah target tembak .dan untuk positioning sendiri pengertianya adalah menempatkan merek perusahaan di dalam benak pelanggan, yaitu misalnya tentang apa sebenarnya produk anda, dan apa perbedaan produk dengan produk sejenisnya . sehingga konsumen bisa membedakan produk yang di tawarkan dengan produk sejenis.



Selain stp ada juga strategi  yang bisa anda gunakan guna menyukseskan kampanye iklan yang ingin di lakukkan yaitu SWOT.


b.SWOT

SWOT atau juga disebut SWOT Analisis merupakan pengukuran seberapa kuatnya produk kita bisa bersaing di pasaran untuk meraih market share yang ada, SWOT analisis memiliki pengertian Strength , Weakness , Oppurtunity , Thteat . strength adalah bagaimana kita mengukur kekuatan sebuah produk atau jasa yang kita miliki mulai dari bagaimana bentuk sampai fungsi sampai hal lain  yang paling sangat kita unggulkan dalam produk guna mengalahkan pesaing sejenis, adanya kekuatas pastilah tidak lepas dari kelemahan tentulah produk kita memiliki kelemahan inilah yang disebut weakness, weakness sendiri  adalah merupakan pengukuran kita terhadap produk atau jasa yang kita punya tentang apa saja kelemahan yang produk yang kita miliki sehingga kita tahu apa saja yang perlu di perbaiki nantinya. Opportunity adalah pengukuran kita terhadap peluang pasar yang bisa kita raih dengan meninjau  kekuatan produk yang kita miliki sehingga kita bisa meraih market share untuk prosuk sejenis yang menjadi pesaing. Threat adalah pengukuran kita terhadap seberapa besar ancaman yang ada pada pasar sehingga kita bisa mengira ngira apa saja yang perlu kita lakukkan untuk mengatasi ancaman tersebut.


Adalagi banyak cara yang bisa kita lakukkan untuk mencapai kesuksesan sebuah iklan dan mungkin akan saya bahas pada artikel artikel saya berikutnya.

Wednesday, April 10, 2013

Penggunaan Advertising



Advertising


Semakin banyaknya perusahaan yang membuat berbagai produk maupun jasa menjadikan ramainya kancah perbisnisan , tentu saja setiap perusahaan akan bersaing guna memperoleh keuntungan sebesar besarnya, untuk menunjang hal tersebut maka perlulah sebuah  cara  memperkenalkan produk atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan karena barang atu roduk yang dibuat tak akan dikenal bila tidak di pasarkan maka itu perlu adanya sebuah cara atau metode yang digunakan perusahaan guna memperkenalkan produk ataupun jasa yang mereka punya, keberadaan Advertising atau periklanan tentu saja sangat di perlukan dalam hal ini .

 

Advertising atau periklanan sendiri sebenarnya merupakan sebuah  komunikasi yang berbentuk persuasive untuk menyampaikan informasi berikut brand , produk maupun jasa yang ditujukan kepada khalayak guna membuat khalayak mengikuti kemauan pengiklan tentu saja tujuan akhirnya adalah agar konsumen mau membeli produk dan jasa yang kita jual.

Untuk itu dalam melakukkan pembuatan iklan atau advertising kita perlu menggunakan strategi demi menunjang keberhasilan suatu iklan yang kita buat, strategi iklan umumnya adalah menentukan siapa targetnya dan bagaimana bentuk iklan yang akan kita buat, untuk membuat khalayak tertarik, misalnya saja dengan menggunakan gambar ataupun kata kata unik sehingga khalayak antusias dengan iklan yang kita  buat.


Iklan bisa di katakan berhasil bila sebuah pesan iklan yang kita sampaikan bisa di terima dan tertanam di benak khalayak, maka dari itu merancang konsep iklan bukanlah perkara mudah karena kita harus tahu dulu siapa dan bagaimananya audience yang kita sasar selain itu juga apa yang akan kita bangun dalam iklan tersebut misalnya saja brand image, brand awareness dll.